Halaman

Minggu, 19 Januari 2020

Pentingnya Mencintai Kesenian dan Budaya Indonesia


Pentingnya Mencintai Kesenian dan Budaya Indonesia

            Bangsa Indonesia terdiri banyak suku bangsa yang tersebar dari sabang sampai merauke, terdiri dari berbagai budaya, daerah dan suku-suku yang hampir pada setiap daerah tersebut mewariskan hasil-hasil karyanya berupa kesenian yang besar dan meyakinkan. Budaya bagian dari bangsa,dan budaya adalah ciri khas dari bangsa kita yang sudah ada sejak zaman nenek moyang, yang mengingatkan kita akan asal dan perilaku bangsa

Wilayah Indonesia terbentang luas dari ujung barat hingga ujung timur dari Sabang sampai Merauke. Disana tersebar suku bangsa, adat dan kebudayaan yang berbeda-beda, dan diketahui juga bahwa di negeri tercinta kita ini terdapat lebih dari 746 jenis bahasa yang menjadi keunikan tersendiri bagi Negara ini. Masyarakat Indonesia juga memeluk berbagai macam agama, dengan perbedaan keyakinan ini sudah sepatutnya kita saling menghargai dan menjaga keharmonisan hubungan antar agama. Begitu banyak perbedaan bukanlah suatu alasan untuk perpecahan, justru perbedaan inilah yang menyatukan kita dan menjadi kekuatan bagi Negara Indonesia.

Hasil kesenian tersebut ternyata hingga saat sekarang masih hidup dan terpelihara. Kenyataan memberi harapan tentang kelangsungan hidup seni-seni tradisi yang memiliki nilai-nilai tinggi dan adhiluhung dengan berbagai variasinya, serta semakin besarnya perhatian masyarakat dan pemerintah dalam mengelola masalah tersebut. Atas dasar tersebut amat disayangkan apabila kesenian yang demikian itu sampai mengalami kepunahan karena adanya arus globalisasi dengan masuknya budaya barat ke Indonesia, untuk itu sudah sewajarnya kita bangsa Indonesia dan para generasi mudanya ikut andil dalam melestarikan sekaligus mengembangkan seni budaya yang kita miliki.Sebagaimana yang kita ketahui bahwa cabang kesenian tradisi yang ada di Indonesia terutama di daerah Jawa Timur yang meliputi jaranan,keris,topeng,gamelan dan sebagainya.

Indonesia merupakan Negara yang indah dan memiliki banyak sekali suku, bangsa, bahasa dan juga budaya. Tidak heran banyak warga Negara lain yang senang berlibur dan menelusuri kebudayaan serta keindahan Indonesia. Kita sebagai warga Negara Indonesia juga harus merasa bangga karena memiliki Negara yang mempunyai beragam keunikan dan keindahan alam serta budayanya, tapi terkadang sering kita tidak menyukurinya dan malah merusak keindahan alam serta meninggalkan kebudayaan kita dan memilih mempelajari budaya asing yang sedang menjadi trend. Lalu, bila kita sebagai warna Negara Indonesia saja tidak mencintai budaya sendiri, maka siapa lagi yang akan mencintai dan melestarikan kebudayaan Indonesia? Atau kita harus menunggu budaya kita direbut oleh orang lain? Jangan sampai hal itu terjadi dan akan mendatangkan penyesalan yang mendalam terhadap kita semua.

            Cinta merupakan suatu ungkapan rasa/ kasih sayang kita terhadap suatu hal atau seseorang. Rasa cinta bisa kepada seseorang, kepada suatu hal, suatu daerah, budaya maupun cinta terhadap tanah air kita. Untuk menunjukkan rasa cinta kita terhadap Indonesia dapat dilakukan dari hal kecil/mudah sampai ke hal-hal besar. Rasa cinta terhadap Negara kita juga dapat dilakukan oleh semua orang, tidak ada batasan usia, jenis kelamin dan lainnya. Hal kecil yang dapat kita lakukan sebagai wujud cinta terhadap budaya kita yaitu dengan merasa bangga terhadap budaya kita, bertutur kaya yang sopan dan santun sesuai dengan budaya kita, dan sebagainya. Dengan mempelajari suatu kebudayaan juga merupakan wujud cinta kita terhadap budaya. Dari hal-hal kecil yang kita lakukan dapat memberikan perubahan yang baik terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia.

            Cara lain yang dapat kita lakukan untuk melestarikan serta mencintai budaya Indonesia adalah, sebagai berikut:

      1.  Menggunakan Produk Asli Indonesia

Dengan menggunakan produk asli Indonesia, seperti mengenakan pakaian Batik atau pakaian adat saat menghadiri suatu acara. Dengan mengenakan Batik, sudah menunjukkan rasa bangga kita terhadap produk asli Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Batik merupakan kesenian asli Indonesia yang sangat indah dan berasal dari berbagai daerah, seperti Batik Solo, Batik Cirebon dan lain-lain. Setiap daerah memiliki corak Batik yang berbeda-beda dan membuat keunikan tersendiri bagi Batik, tidak heran bila banyak sekali wisatawan yang membeli dan bahkan mengkoleksi Batik saat berkunjung ke suatu daerah. Kita sebagai warga Negara Indonesia harus berbangga karena Batik yang merupakan budaya asli Indonesia sudah diakui oleh dunia dan pada tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

      2. Menonton Pagelaran Seni

Dengan menyaksikan pagelaran seni, juga dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap budaya Indonesia. Pasti banyak dari kita yang belum mengetahui semua budaya yang ada di Indonesia, untuk mengetahui budaya Indonesia kita dapat mencaritahu melalui internet atau menonton langsung pagelaran seni, seperti seni tari, alat music tradisional, dan menonton kebudayaan Indonesia lainnya (Reog Ponorogo, dll). Dengan kita menonton/menyaksikan budaya-budaya Indonesia, lama-kelamaan kita akan menganggap bahwa kebudayaan Indonesia menarik untuk dipelajari, merasa bangga terhadap kebudayaan kita, dan kita juga akan mencintai serta melestarikan kebudayaan kita.

      3. Mempelajari Budaya

                  Setelah mencaritahu dan mengenal kebudayaan Indonesia, kita pasti ingin melestarikan dan mengajarkan budaya tersebut kepada generasi penerus kita. Mempelajari kebudayaan bisa dilakukan dengan mengikuti les atau sanggar seni dan bisa juga belajar dengan sendirinya, yaitu mempelajari dari buku atau internet dan mempraktekkannya. Dengan terus-menerus mempelajari kebudayaan, akan menambah nilai positif untuk diri kita yaitu kita semakin cinta akan kebudayaan serta Negara kita.

      4. Tidak Menghina Budaya Lain

                 Cara menunjukkan rasa cinta terhadap budaya kita, dapat dilakukan dengan bangga terhadap budaya sendiri, akan tetapi kita tidak boleh menghina kebudayaan lain, seperti menghina kebudayaan Negara lain atau kebudayaan dari daerah lain (yang berbeda dengan kita). Seharusnya kita bisa menerima segala perbedaan dan juga kita dapat belajar atau mencaritahu tentang kebudayaan lain, sehingga kita dapat memperoleh pengetahuan tentang budaya lain dan kita bisa menggembangkan budaya kita sendiri menjadi lebih baik dari sebelumnya agar orang lain dapat mencintai dan menghargai kebudayaan kita juga. Jadi saling menghargai juga merupakan wujud cinta terhadap tanah air kita.

Itulah beberapa cara yang mudah untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia, masih banyak cara yang dapat kita tunjukkan dalam mencintai kebudayaan Indonesia. Jangan sampai kita sebagai warga Negara Indonesia asli merasa malu terhadap budaya kita yang justru dikagumi oleh warga Negara lain yang melihat dan mengetahuinya, seperti wisatawan dari Negara lain sangat suka dengan budaya Indonesia, seperti wayang, tarian dan batik. Biasanya mereka datang kesuatu daerah untuk menemukan hal baru yang unik dan tidak ada dinegaranya seperti melihat tarian-tarian tradisional dan mempelajari budaya tradisional Indonesia lainnya.  Sebagai generasi muda sebaiknya kita memahami dan mempelajari kebudayaan Indonesia yang ada agar kita dapat memperkenalkan seluruh kebudayaan Indonesia kepada dunia. 

Jadi, mulai dari sekarang kita sebagai generasi muda yang memiliki banyak kebudayaan di Indonesia harus menghargai, bangga serta mencintai kebudayaan kita tanpa menghina atau menjatuhkan kebudayaan lainnya. Jadi, setelah membaca artikel ini apakah Anda masih malu dengan kekayaan kebudayaan Indonesia? Marilah kita cintai budaya kita, sebelum budaya kita diambil oleh Negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar